Mengenal Ilmu Penerjemahan, Editing, dan Penyuntingan Naskah

Hai teman-teman, kali ini saya hadir kembali untuk menemani waktu senggang kalian dikala PPKM ini 😁 Blog ini pada awalnya saya tujukan hanya untuk menuangkan buah pemikiran saya dari hobi saya, yaitu melamun. Hahaha. Tapi itu semua berubah sejak semester lalu, dimana saya ditugaskan oleh dosen saya untuk membuat tugas perkuliahan dan dimuat pada blog pribadi. Pada awalnya saya ragu untuk memuat tugas saya pada blog ini, yaa kalian tau sendiri isi dari blog ini cukup sensitif dan tidak banyak orang yang bisa menerima pemikiran saya, hehehe. 😈 Pada akhirnya saya memutuskan untuk memuat tugas saya di blog ini, ya itung-itung sekalian buat promosi. 😛

Setelah semester usai, saya tidak serta-merta menghapus tugas perkuliahan yang telah saya muat di blog ini. Saya melihatnya sebagai momentum dimana saya dapat menambah jenis konten yang ada di blog saya, semua itu saya lakukan agar blog saya ga terlalu "mendebarkan". Hahaha. Untuk kedepannya, selain kalian dapat menikmati buah hasil melamun saya, kalian juga dapat menikmati ilmu pengetahuan yang saya dapatkan semasa perkuliahan, terutama yang berkaitan dengan penerjemahan, editing, dan penyuntingan naskah. Tak berlama-lama selamat membaca! 👌






Trisula

Trisula, sebuah kata yang mengingatkan saya pada kegiatan OSPEK dikampus saya, hahaha. Tapi bukan OSPEK yang saya maksud disini, yang saya maksud dari Trisula adalah tiga pokok penting yang menunjang ilmu yang berkaitan dengan penerjemahan dan atau jurnalistik. Ketiganya berdiri seimbang, memiliki bagiannya masing-masing, dan saling bergantung satu sama lain. Perlu diingat bahwasanya pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan secara singkat kepada pembaca sekalian untuk memahami apa makna dari ketiganya, untuk pemahaman yang lebih menyeluruh nantinya akan saya jabarkan pada artikel-artikel berikutnya.Trisula yang saya maksud adalah:
  • Penerjemahan; banyak ahli di bidang penerjemahan yang telah mendefinisakan makna dari penerjemahan itu sendiri, akan tetapi saya simpulkan bahwasnya arti penerjemahan adalah "proses pengalihan suatu pesan dan atau ide dari bahasa sumber (BSu) ke dalam bahasa sasaran (BSa)". Proses penerjemahan atau "pengalihan ide" tersebut dapat terjadi pada bentuk tulisan apapun, mulai dari media massa, jurnal penelitian, hingga novel-novel terkenal. Melakukan proses penerjemahan tidak mudah, dan memerlukan keahlian khusus, menerjemahkan juga memiliki berbagai macam teknik yang dapat digunakan untuk membantu seorang penerjemah.
  • Editing; seseorang yang melukakan tugas editing disebut sebagai editor, seorang editor bergerak dalam bidang yang paling ia kuasai, mulai dari editor buku, editor koran olahraga, hingga editor teks terjemahan. Seorang editor teks naskah terjemahan tentunya akan menangani teks-teks hasil terjemahan. Dalam artikel ini saya hanya akan membahas editing yang dilakukan oleh editor dalam naskah terjemahan, yang dimaksud dari editing disini adalah "sebuah proses membaca ulang dan berusaha mencari kesalahan-kesalahan tata bahasa dari sebuah teks yang terjadi selama proses menerjemahkan"
  • Penyuntingan; merupakan kegiatan yang sangat mirip dengan kegiatan yang dilakukan oleh seorang editor. Orang yang melakukan aktifitas penyuntingan disebut sebagai penyunting, dimana aktifitas menyunting atau penyuntingan sendiri adalah "proses pembacaan kembali sambil menemukan kesalahan-kesalahan redaksional dari sebuah teks". Seperti yang telah saya sampaikan, proses editing dan penyuntingan sangatlah mirip, yang membedakan hanya pada kapan kegiatan tersebut dilakukan dan fokus yang dicari. Kegiatan editing mencari kesalahan-kesalahan tata bahasa, gaya bahasa, dan pemilihan kata dari sebuah teks hasil terjemahan dan dilakukan setelah kegiatan terjemahan usai, sedangkan penyuntingan sendiri mencari kesalahan-kesalahan redaksional yang ada dalam teks terjemahan yang telah melalui proses editing, sekaligus mencari kesalahan yang mungkin luput dari perhatian editor.
Seperti yang telah saya singgung sebelumnya, pada artikel kali ini saya hanya akan menjelaskan sedikit mengenai trisula diatas, pada artikel-artikel selanjutnya saya akan mengupas habis mengenai ketiganya, berurutan mulai dari penerjemahan, editing, dan penyuntingan. Oh iya, sebelumnya saya ingin menyampaikan bahwa kedepannya untuk artikel selain konten "buah melamun saya", hehehehe, saya akan menggunakan bahasa yang lebih santai, seperti artikel ini. 👌Terimakasih karena telah membaca artikel pendek ini, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya. 😀


Regards
NonBeliever

Komentar

Postingan Populer